×

Perbedaan TV Touchscreen dengan TV Biasa di Sewa TV Touchscreen

Sewa TV Touchscreen
Sewa TV Touchscreen – Di era teknologi seperti saat ini, kecanggihannya tidak hanya berlaku untuk handphone dengan segala macam jenisnya. Seperti halnya dengan handphone yang bisa bekerja dengan sentuhan tangan. Hanya dengan sekali sentuh, layar sudah berganti ke menu selanjutnya.

Televisi sekarang pun sudah banyak yang menggunakan kecanggihan dari perangkat touchscreen ini.

TV Touchscreen dengan TV Biasa Di Sewa TV Touchscreen

Apa itu touchscreen menurut Sewa TV Touchscreen  ?

Touchscreen merupakan sebuah display atau layar yang digunakan untuk mengetahui keberadaan dan lokasi suatu menu dengan menggunakan sentuhan. Di dalamnya terdapat suatu area yang bekerja dengan cara membaca titik-titik koordinat yang bersumber dari sentuhan tangan pada layar.

Kinerja touchscreen ini berlaku dan mengacu pada kontak atau sentuhan pada layar dengan menggunakan jari atau tangan.

Tidak hanya itu, teknologi seperti touchscreen ini, juga bisa digunakan untuk mengetahui objek pasir seperti stylus dan sejenisnya.

Selain itu, touchscreen juga dikenal pula dengan sebutan touch panels atau touch monitor. Sebutan tersebuh mengacu pada satu pengertian yang menjelaskan, sebuah perangkat komputer yang biasanya digunakan untuk menampilkan informasi secara grafikal dan visual. Informasi yang ditampilkan tersebut, merupakan output dari sebuah perangkat komputer yang dinyalakan.

Sekarang pertanyaannya. Apa yang membedakan TV Touchscreen dengan TV biasa?

TV Touchscreen memiliki layar pipih yang lebar. Sehingga pengguna bisa berinteraksi langsung secara fisik melalui sentuhan. Sedangkan TV biasa, perlu bantuan seperti remote jika pengguna ingin mengganti channel yang diingkan. TV Touchscreen, bisa berganti hanya dengan sentuhan. Sehingga memudahkan pengguna untuk menggeser serta menggali informasi yang dibutuhkan.

Maksudnya di sini, pengguna TV Touchscreen bisa secara langsung menyentuh layar dengan tangan. Atau bisa menggunakan alat bantu lain untuk mengakses apa yang ditampilkan di dalamnya.

Dengan kata lain, touchscreen merupakan sebuah monitor yang sensitif terhadap sentuhan dan tekanan (resistif), sehingga perangkat touchscreen memiliki dua fungsi. sebagai perangkat output karena menampilkan informasi dan input karena menerima informasi.

Untuk data yang dihasilkan dan sentuhan seperti ini, tentunya merupakan data yang berasal dari posisi tangan kita saat menyentuh sinyal ultrasonic itulah data yang akan di tampilkan. Jika pekerjaan ini dilakukan secara kontinyu dan terdapat banyak sekali sensor gelombang ultrasonic pada media yang disentuh, maka jadilah sebuah perangkat touchscreen yang dapat digunakan.

Sedangkan untuk cara kerjanya, layar touchscreen memiliki tiga komponen utama dalam kegunannya. Apa sajakah itu ?

Seperti halnya dengan perangkat teknologi lain, TV Touchscreen pun dalam penggunaannya terdiri dari beberapa komponen. Seperti yang sudah disebutkan, ada tiga komponen yang menjadi dasar utama dalam TV Touchscreen.
Tiga komponen tersebut adalah Touch Sensor, Controller, dan Software Driver. Dibawah ini akan dijabarkan mengenai definisi ketiga komponen tersebut:

Touch Sensor, komponen ini terletak di bagian luar tampilan sebagai lapisan penerima inputan dari user atau sentuhan. Hingga bagian yang di sentuh akan menimbulkan aliran listrik.

Controller (Pengontrol), ini merupakan sebuah perangkat yang akan memproses dan mengubah voltase sinyal yang di terima dari komponen touch sensor yang berupa arus listrik dan akan dihubungakn ke presessor atau perangkat lain.

Software Driver, sebagai alat penerjemah data dari proses di atas tadi yang memungkinkan proses di atas sudah bekerja dengan baik. Nantinya akan di tampilkannya ke antar muka melalui system operasi.

Begitulah penjelasan mengenai TV Touchscreen di Sewa TV Touchscreen yang perlu di ketahui. Semoga bermanfaat.